Hizbul Wathan Kabupaten Blitar: Menuju Lingkungan Bersih dengan Gaya Hidup Sehat

Agenda Orientasi Pelatih Qabilah HW Blitar di area Masjid Nurul Iman Kanigoro-Blitar
(Doc/Panitia)



Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) Muhammadiyah di Blitar, Jawa Timur, tak hanya fokus pada pengembangan karakter dan spiritualitas para kadernya, tetapi juga peduli terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat. Hal ini terlihat dalam agenda Orientasi Pelatih Qabilah HW Kab. Blitar yang baru-baru ini diadakan di Masjid Nurul Iman Kanigoro - Blitar.
 
Dalam acara tersebut, panitia menerapkan kebijakan penggunaan alat makan pribadi bagi semua peserta, termasuk panitia. Langkah ini diambil sebagai bentuk komitmen bersama kader HW Blitar dalam mendukung kebersihan, kesehatan, serta mengurangi limbah sampah plastik.


Peserta membawa alat-alat makan pribadi dalam rangka mengurangi penggunaan plastik.
(Doc/Panitia)


"Dengan menggunakan alat makan pribadi, kita tidak hanya menjaga kesehatan peserta, tetapi juga mengurangi sampah yang dihasilkan selama kegiatan," ujar Luksadewa, salah satu panitia yang bertanggung jawab atas dapur umum.
 
Kebijakan ini mendapat sambutan positif dari para peserta. Mereka melihatnya sebagai inisiatif yang sejalan dengan nilai-nilai kepedulian HW terhadap alam dan kesehatan. Selain itu, penggunaan alat makan pribadi juga dianggap lebih aman dan higienis karena penggunaannya terbatas hanya pada pemiliknya sendiri.
 
"Ini adalah langkah yang bagus. Kita bisa mengurangi sampah plastik dan juga lebih sehat," ujar salah satu peserta.
 
Inisiatif ini diharapkan menjadi contoh bagi kegiatan-kegiatan lain, baik yang diselenggarakan oleh HW maupun komunitas lainnya di Kabupaten Blitar. Dengan langkah ini, HW Blitar menunjukkan bahwa menjaga kebersihan lingkungan dan mendorong perilaku hidup sehat dapat dilakukan dengan mudah dan menyenangkan.
 
Para peserta riang gembira mengikuti jalannya acara orientasi.
(Doc/Panitia)



Melalui kegiatan ini, HW Blitar tak hanya menunjukkan komitmennya terhadap lingkungan, tetapi juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan.

Salam,
(Wahyu/BlitarMu)

Post a Comment

0 Comments